Melek Jurnalistik dengan Pelatihan dan Peluncuran Majalah Kansas



Prodi Sastra Indonesia UNJ kembali menunjang literasi. Pada Senin tanggal 15 Juli 2019, bertempat di Aula UPT Perpustakaan telah berlangsung Pelatihan dan Peluncuran Majalah Kansas oleh Sastra Indonesia UNJ angkatan 2016. Pemateri pelatihan majalah ialah Rosa Rosdaryanti dan Doni Ahmadi. Acara peluncuran dibuka pewara pada 10.30 WIB.

Majalah Kansas merupakan produk majalah sastra Indonesia UNJ dalam mata kuliah Manajemen Publikasi. Setelah persiapan produksi hampir empat bulan, akhirnya Majalah Kansas dapat diluncurkan dengan tagline ‘Kans Berbahasa dan Bersastra’

“Kuliah Manajemen Publikasi tidak akan bermutu kalau tidak ada produknya. Maka dari itu majalah Kansas perlu diluncurkan” ujar Dr.Saifur Rahman,M.Hum,M.Si selaku dosen pembimbing pada saat memberikan sambutan.

 Momen peluncuran majalah ditandai dengan penandatanganan cover majalah oleh Dr.Siti Gomo Attas,M.Hum selaku Koor. Prodi Sastra Indonesia dan Dr.Saifur Rahman,M.Hum,M.Si selaku dosen pembimbing. Momen tersebut ialah momen yang ditunggu-tunggu peserta. Selanjutnya acara diteruskan dengan pelatihan majalah oleh kedua materi.
Rosa Rosdaryanti menjelaskan materi


 Pemateri pertama dalam pelatihan ini ialah Rosa Rosdaryanti selaku Wirausahawan dalam bidang jurnalis. Beliau sudah berkecimpung dalam dunia jurnalistik hampir dua puluh tahun sejak dari bangku kuliah. Materi yang dibawakannya mengusung tema ‘Kekuatan Kita adalah Bahasa’. Sedangkan untuk pemateri kedua yaitu Doni Ahmadi menjelaskan materi mengenai ‘Jurnalisme Hari Ini’ Penyampaian materi oleh kedua pemateri dimoderatori oleh Faisal Fathur. 
Penyerahan Cendramata dari Prodi untuk Pemateri Doni Ahmadi


 Majalah yang dipimpin oleh Bayu Arga Dhani ini mempunyai empat berita utama terkait bahasa dan sastra,yaitu: Media dibungkam UU IT, Pelatihan dan Pelantikan Teater se-Jakarta Timur, Bahasa Asing pada Menu Restoran, serta KOPSAS (Kopi dan Sastra). Peluncuran Majalah Kansas ini mahasiswa diharapkan melek jurnalistik dan mengaplikasikannya di masa depan. Acara  Pelatihan dan Peluncuran Majalah ini pun ditutup pukul 13.00 WIB

(Andriani/FPP)

Bengkel Sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar